Monday, July 30, 2007

“Konsisten” Sejati

Alkisah, ada 2 orang pejalan yang sedang mengarungi padang pasir yang begitu luas. Kedua lelaki tersebut dari kejauhan mengami sebuah benda berwarna hitam yang bergerak-gerak di ujung pandangannya. Dan mulailah mereka berdua berdebat...

A: ”Hai, Lihatlah kawan, itu burung sahara sedang mengintai kita!”.

Dengan cepat sang teman membantah:

B: ”Bagaimana mungkin itu burung?! Jelas sekali itu adalah kambing, saya melihat dengan jelas kibasan ekornya!”.

A: ”Yaa ampuun kamu itu ya, itu adalah kibasan sayapnya, mataku ini mata sahara...Aku pastikan itu adalah burung elang atau burung nasar pemakan bangkai”

B: ”Kamu itu sok tahu!...begini aja, bagaimana kalau kita dekati saja benda itu...sehingga jelas siapa yang benar di antara kita!

Ajakan itu segera disambut...

A: ”Okkeee, bagus, setuju!”

Berjalanlah keduanya mendekati benda itu...

Sampai pada kedekatan tertentu, benda itu melesat terbang ke angkasa.....

A: ”Naaaah, apa kubilang...dari tadi aku udah bilang ituuuu buruung...Eh kok nggak percaya! Sekarang kamu lihat sendiri kan...dia terbang!”

Langsung saja dijawab oleh temannya dengan suara keras:

B: ”Itu kambing terbang!!!”

Karena dua laki-laki itu masih ingat teman, maka perdebatan itu berhenti sampai disitu dan mereka pulang bersama-sama.

Kisah ini ditujukan kepada orang yang memegang teguh terhadap prinsipnya: ”Pokoknya saya mesti benar”, ”Lha wong saya kok salah...” Begitulah kira-kira sikap orang yang ”Konsisten” Sejati. [undzurilaina]

No comments:

Post a Comment